Dari Membaca

Membaca..Kalau ditanya apa itu membaca rasanya akan banyak jawaban yang didapat.Jujur saja,saya sendiri sampai saat ini belum tahu persis apa yang dimaksud dengan membaca.Sebab,membaca itu bisa diartikan luas,membaca tidak boleh hanya diartikan dengan membaca tulisan .Membaca buku,blog,majalah,makalah,internet,bertemu dan berkenalan dengan sesama manusia atau membaca tanda-tanda kauniyah alam semesta.Membaca/kegiatan belajar tidak bisa dipisahkan dari belajar/kegiatan menulis dan berpikir.

Saat Anda membaca sebenarnya apa yang diharapkan dan ingin diperoleh dari kegiatan ini.?Sekedar membaca tanpa makna,menambah informasi,membuka wawasan,mencari pembenaran,merubah cara berpikir atau mungkin malah mengubah hidup dan cara hidup kita..??

Dulu waktu TK atau SD,kita membaca sebuah paragraf tulisan mungkin hanya sekedar membunyikan simbol berupa huruf-huruf saja.Butuh banyak waktu dan ilmu untuk mengetahui dan memahami makna hakiki dari apa yang tertulis.Bisa mengeja dan membaca huruf menjadi sebuah kata saja sudah senang.

Waktu terus berjalan dan usia kita makin tinggi dan kemampuan membaca semakin terasah pula.Kita mulai mengerti dan memaknai apa yang kita baca.Setidaknya sudah ada yang didapat dari membaca berupa informasi.Dari dari tidak tahu menjadi tahu,ibaratnya seperti air yang mengisi gelas kosong.Sampai di sini,membaca telah membuat kita tahu banyak hal.

Kita bungah ketika mendapati suatu bacaan yang sependapat dan sesuai dengan kesenangan/kebiasaan serta apa yang kita senangi.Sebuah pembenaran dari apa yang kita pandang dan merasa ada “teman sepemikiran”.Di lain waktu kita membaca tulisan lain yang berseberangan dan merasa ‘tidak sejalan’ dengan apa yang kita pandang.Lalu ada semacam pembenaran untk membatasi dan menarik garis ‘musuh’.Parahnya kita sering berhenti di tingkatan ini.Kita rajin mengkoleksi bacaan yang dirasa ‘sejalan dan sepemikiran’ tetapi membuang jauh-jauh apa yang kita anggap ‘sebagai lawan’ karena tidak sesuai dengan kebiasaan dan apa yang kita pandang.Membaca cuma menjadi hitam di atas putih.Putih diatas hitam.Dibolak-balik sama saja.Sami mawon.!

Bacaan lainnya mungkin memberikan efek berbeda dan berhasil membawa kita ke tempat yang lebih asing,sebuah dunia baru.Seperti saat kita berada di tingkat yang lebih tinggi dari sebuah menara dan memandang kota di bawahnya.Ternyata kota itu agak -atau jauh berbeda dengan apa yang selama ini kita pandang.
Maksud saya membaca telah membuka dan mengubah tentang apa yang kita pandang dan bagaimana memandang.Membaca memberi warna baru.Warna yang sama sekali tidak kita tahu dan mau sebelumya.

Uuuuaaahh……! Saya mulai ngantuk dan ingin segera mengakhiri (membaca) tulisan..Jadi,…,?? Sebenarnya saya cuma mau tanya kepada pembaca dan juga saya sendiri..Apa yang selama ini telah diperoleh dan apa efeknya dalam hidup dari kegiatan membaca ?? Sekedar membaca tanpa makna,menambah informasi,merubah cakrawala berpikir,membuka wawasan baru,atau barangkali membaca telah berhasil mengubah hidup dan cara hidup secara keseluruhan??

Saya tanya lagi,bagaimana kalau yang kita baca adalah Al Quran ?? Apakah kita hanya membacanya seperti saat membaca dan mengeja huruf di bangku TK/SD??Tanpa makna,tanpa pemahaman..-lebih jauh lagi tanpa pengamalan ???

Atau mungkin membaca Al Quran telah membawa ke dunia baru,mengubah apa yang kita pandang dan menerima ‘ayat-ayat serta tafsirannya yang dianggap tidak sesuai kebiasaan dan kita senangi….?Satu pertanyaan lagi.Apakah membaca Al Quran telah memberikan efek mengubah hidup dan cara hidup kita???

Iklan

4 responses

  1. Buat akang makna membaca masih sekedar olah otak biar ga ceper pikun 🙂 apalagi untuk membaca Al Qur’an msh punya anggapan “dengan membacanya saja sudah merupakan ibadah”, kalo untuk mendalami masih sulit he he

    Suka

    1. saya juga demikian Akang..membaca hanya untuk memperlancar peredaran darah ke otak saja dan lebih banyak asal baca,,asal bunyi,apalagi membaca al Quran,masih sering malasnya daripada membacanya…
      huh..! islam apa ini..?

      Suka

  2. dgn membaca minimal kita mendapatkan sudut pandang baru dari apa2 yang akan kita hadapi di riil kehidupan nantinya…

    #kunjunganbalik

    Suka

    1. ya Mas..saya sependapat bahwa membaca membuka sudut pandang baru..terima kasih atas komentarnya yang berbobot ini…
      Salam sejahtera selalu..

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: