Membangun Mimpi

Punya mimpi ?
Yach,saya,Anda,teman-teman atau orang disekeliling kita punya mimpinya masing-masing.Mimpi yang saya maksud adalah cita-cita.

Dulu,waktu kecil saya punya mimpi bisa makan nasi putih setiap hari.Maklum,keluarga kami berlatar belakang ekonomi yang sangat pas-pasan.Pernah suatu hari sepulang sekolah saya menangis karena ingin makan tapi sama sekali belum ada apa pun yang bisa dijadikan pengganjal perut.Saya ingat betul kenangan ‘manis’ saat kelas lima SD itu.Bapak sebagai satu-satunya pencari rezeki sudah hampir empat bulan tergolek sakit.Sementara Ibu juga sibuk merawat Bapak dan ketiga anaknya.Saya dan dua orang adik saya.
Sekedar untk mendiamkan tangis kami,akhirnya Ibu ‘memasak nasi’.Pisang muda dicincang terus dikukus untuk kami berlima.Kami makan sekali sehari.
Dihari-hari lainnya kami makan ‘nasi oyek’.yaitu nasi yang berasal dari ubi kayu.
Satu-satunya ‘lauk’ paling lezat kami adalah rasa lapar.Karena jangankan membeli yang namanya lauk (ikan asin misalnya),bermimpi bisa membelinya waktu itu saja sudah tidak terlintas.
Saya bersyukur,bahwa waktu itu masih bisa bersekolah,mimpi lain saya yang dibangun dengan susah payah.Sebuah mimpi sederhana agar bisa membaca dan menulis beberapa huruf,atau lebih tepatnya mimpi agar tidak buta huruf.Cuma itu.Dan akhirnya mimpi itu akhirnya terwujud sehingga saat ini saya bisa-meski masih terus belajar-membaca dan menulis.Setidaknya sudah ikut mensukseskan program pengentasan buta aksara.Ya,kan?(he.he….mesem agak kecut)
Saya nyaris tidak punya mimpi bisa melanjutkan sekolah kalau saja tidak meraih ‘bea siswa’ gratis masuk SLTP. Hadiah dari kepala sekolah SD untuk siapa saja yang berhasil menembus Nilai Ebtanas Murni (NEM) minimal 40.Dan,alhamdulillah saya satu-satunya yang berhasil mencapainya.Bahkan satu-satunya dari seratusan siswa baru di SMPN 05 PANDAN JAYA (sekarang SMPN 1 Sungai Tebelian).Rasanya seperti mimpi saja waktu itu. Mimpi yang tidak pernah saya mimpikan sebelumnya.

Dari sekolah ini pula saya tahu,ternyata banyak teman-teman yang punya mimpi menjadi ‘pesaing’ saya memperebutkan gelar ‘bintang kelas’.Bukan sekedar menyaingi bahkan ada yang menyatakan iri ingin ‘menjadi saya.’ Anehnya,orang tua mereka juga ikut-ikutan mimpi andaikan anaknya seperti saya.
Ah,seandainya mereka tahu bahwa saya juga bermimpi ingin seperti mereka dan bilang mimpi mereka tentang saya adalah mimpi buruk.

Saya dan juga teman-teman saya waktu itu juga punya mimpi yang sama,yaitu suatu saat kelak bisa kuliah di perguruan tinggi. Sebagian dari mereka ada yang berhasil mewujudkannya meski harus banting tulang mencari biaya sendiri,ada juga yang ‘terpaksa’ memupusnya karena berbagai alasan.
Lalu saya ?? Mimpi itu masih tersimpan rapi.Entah dimana.Jujur saya belum memupusnya meskipun terasa semakin sulit saja mewujudkannya.Mungkin saya memilih memberikan mimpi itu kepada anak-anak saya.

Saya sering mengobrol dan bertanya kepada teman,tetangga dan para orang tua tentang mimpi-mimpi mereka.Saling berharap dan berbagi,menemukan jalan meraihnya.Dan mimpi saya sekarang bukan ingin menjadi kaya raya,terkenal di mana-mana,atau menjadi pejabat tinggi.Mimpi saya sederhana saja; ingin hidup bahagia bersama keluarga.! Menurut saya mimpi itu semacam doa yang membuat kita berharap suatu ketika akan terkabul.Doa yang semestinya tetap dijaga dan dibangun.

Anyway,bicara tentang mimpi,saya cuma mau berkata bahwa masih banyak teman,tetangga,dan orang disekitar kita yang sulit untuk punya mimpi [sesederhana apapun mimpi itu] apalagi mewujudkannya.Bahkan untuk mimpi besok makan apa sudah tidak terlintas.Bahwa hari ini masih bertahan adalah anugerah yang patut disyukuri.Hidup tinggal dijalani….

*ungkapan seorang yang sedang membangun mimpi : zainal*

9 responses

  1. mimpi saya juga sangat banyak, kadang terlalu tinggi dan berubah-ubah..tapi intinya, saya ingin bahagia dengan apa yg saya lakukan dan membahagiakan orang2 yg saya cintai…
    ayo, semangat, kita sama2 meraih mimpi..

    Suka

    1. semoga mimpinya jadi kenyataan ya,Mbak..
      bisa bahagia dan membahagiakan orang2 tercintanya..

      Suka

  2. iyaa mimpi saya bnya
    aku ingin begini
    aku ingin begitu
    ingin ini itu bnyak sekali
    hehehe
    lam knl mas

    Suka

    1. salam kenal kembali..
      Terima kasih ya sudah berkunjung..

      Suka

  3. mimpi saya terlalu moluk, sehingga sulit tuk di ceritakan šŸ™‚

    Suka

    1. gak diceritakan juga tidak dimarah kok mbak..

      Hehe…

      Suka

  4. kok sama,ya mas..??
    ikut-ikutan ya..?
    Hehe…
    salam kenal,.

    Suka

  5. mimpi saya juga sederhana, yakni ingin bahagia bersama keluarga.. šŸ™‚

    Suka

  6. Setiap orang berhak mimpi
    Dan mimpi yang baik seyogyanya diwujudkan sekuat tenaga agar menjadi nyata
    Salam hanagat dari Surabaya

    Suka

Tinggalkan Balasan

