Lebaran itu Ya Baju Baru,Ya Mudik

Terserah mau dibilang naif atau apalah..tapi buat saya,dan keluarga kecil saya lebaran itu ya baju baru…
Bukan untuk gaya-gayaan atau biar kesohor.Beli baju baru cuma kebutuhan semata.Karena kesempatan untuk beli baju baru ya cuma setahun sekali.Pas lebaran.Tidak seperti orang kaya yang punya kesempatan beli baju baru tiap bulan atau bahkan minggu.

Memang nggak diwajibkan dan nggak ada syariatnya tiap lebaran mesti beli baju baru..tapi kalau sudah kebutuhan mau apa lagi…..
Menurutku,lucu aja kalau ada yang bilang bahwa lebaran nggak harus beli baju baru..

Dulu,waktu saya dan adik-adik masih kecil selalu merindukan pemberian baju baru dari Emak.Yang paling berkesan saat kami masih halus-halus alias cilik-cilik adalah ketika menjelang lebaran diajak Emak ke pasar untuk membeli baju baru.Kami bisa memilih baju yang kami sukai,walaupun ujung-ujungnya yang dibeli adalah baju yang dianggap paling masuk akal harganya menurut Emak.

Selesai lebaran selesai juga acara beli baju.Awalnya baju atau kaos barunya dipakai saat hari raya,lama-lama jadi pakaian resmi sehari-hari.Apalagi kalau suka dengan warna dan modelnya,serasa sayang buat dilepaskan.Mau dicuci aja takut warnanya luntur….
Beli baju barunya entah kapan lagi.Paling cepat kalau udah masuk tahun ajaran baru.Itupun masih banyak pertimbangan.Sekiranya belum benar-benar kumal jangan harap ada baju seragam baru.

Selain tradisi beli baju baru, menjelang lebaran biasanya marak juga tradisi mudik alias pulang kampung.Yang jauh mereka mudik ke kampung halaman masing-masing walaupun dengan resiko (baik biaya maupun lainnya) yang tidak ringan.Namun mereka lega,karena dapat ber”silaturrahim” dengan sanak saudara.
Makanya akan terdengar lucu juga kalau ada yang membahas perlu tidaknya tradisi mudik saat lebaran.Perlu atau tidak perlu,penting atau tidak penting, baju baru dan mudik bukanlah sekedar soal tradisi atau bukan,tapi soal kebutuhan.

Mereka yang mudik (pulang kampung) pastinya merasa bahwa momen yang pas untuk mengunjungi sanak saudara,keluarga,dan handai taulan ya pas lebaran.Yang karyawan/pegawai ngambil cutinya enakkan pas lebaran.Yang sekolah/kuliah memanfaatkan liburan hari raya.Yang tinggal di ‘kampung halaman satu-satunya’ ya tunggu aja oleh-olehnya dari mereka yang pulang kampung. Hehe…!

Jadi,menjelang lebaran ini,saya ingin mengucapkan selamat beli baju dan selamat mudik,selamat bersilaturrahim dengan keluarga nun jauh di sana.Seberat apapun perjalanan mudik nanti dengan segala resikonya yang penting kewajiban dan kebutuhannya terpenuhi.

“Barangsiapa menghendaki agar dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah bersilaturrahim”

Satu lagi : Jangan lupa bayar zakat ya……
Salam….

Iklan

20 responses

  1. […] Lagu Perjuangan IndonesiaPendidikan Anak Orang Miskin (2)8 Wanita Yang Lebih Maju Dari Zamannya Star Glam MagazineLebaran itu Ya Baju Baru,Ya Mudik […]

    Suka

  2. sob, saya blm beli baju baru…….

    Suka

    1. kan udah dapat THR…?
      Hehe..

      Suka

      1. yg dari agan kainal belum heheee

        Suka

      2. haha..apa gak kebalik..?
        Saya yang harusnya dapat THR dari agan..

        Suka

      3. wah,,,, pembahasannya udah gak enak nih Mas…..

        Suka

      4. ups..! Maaf,sob..

        Suka

      5. hahaaaa….
        bercanda sob….

        Suka

      6. waduh..tiwas deg-degan,Kang…!
        Yo wis nek ngono..
        Doa saya semoga lekas dapat THR dan baju baru..
        Hehe..
        Merdeka..!!

        Suka

      7. heheheee..
        Thanks Mas..
        MERDEKAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!

        Suka

  3. Baca hal yang berbau lebaran jadi timbul pertanyaan, bagaimana ya rasanya mudik..

    Suka

    1. emang belum pernah ngerasain serunya mudik..?

      Suka

  4. Nomor satu silaturrahimnya, yak! 😀
    Baju baru itu tak harus. Namun, baju yang kita anggap terbaik yang kita punya 😀
    Kalau masalah mudik lebaran pun suatu tradisi yang bisa dibilang wajib dan juga bisa dibilang nggak wajib. Tergantung kondisi yang menyelimuti 😀
    Tapi, tetap harus berusaha untuk bisa sungkem orang tua. Terutama seorang Ibu 🙂

    Suka

    1. dan yang tak kalah penting ..puasanya juga kita usahakan sebaik yang kita mampu..

      Suka

  5. Waduh jadi ke ingetan lom beli baju baru tuk lebaran
    Kemaren dah beli dah di pake lagi soalnya keingetan terus 😀
    Ntar ah belinya besok mo lebaran supaya ga keingetan terus..
    Selamat berlebaran 🙂

    Suka

    1. selamat berlebaran juga untk,Mbak.
      keburu tutup lho toko bajunya..hehe..

      Suka

  6. lebaran kali ini liburnya bentar 😦
    tapi soal baju baru…udah donkkk hehe..
    mas zainal baju barunya berapa biji 😆 ?

    Suka

    1. senang ya sudah beli baju baru,….
      jangan tanya ‘berapa bijinya’ yang penting ada yang baru…hehe….

      Suka

  7. dikampung tempat saya.. beli baju itu cuma di hari lebaran.. hingga kini keluarga saya masih menganut paham tersebut.. sebabnya untuk beli baju baru harus pergi ke tempat yang jauh di kota.. makanya, belinya sekali setahun saja.. 🙂 cuma tahun ini saya aja yg gak beli baju baru. sebab baju baru tahun lalu masih ada.. hehehehe 🙂

    Suka

    1. biarpun baju lama yang penting masih (kelihatan) baru hehe…

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: