Menghadapi Cobaan

Kehidupan selalu berjalan pada dua sisi.Ada sisi baik,ada sisi buruk.Sisi bahagia dan suka,ada sisi kala masalah dan cobaan mendera,sisi duka.Tak bisa dielakkan salah satu dari kedua sisi itu pasti suatu saat kita hadapi.Semua orang tanpa kecuali pasti pernah menghadapi cobaan, masalah, atau hal- hal lain yang kurang mengenakkan dalam kehidupan.Bentuknya juga bermacam-macam,lain orang lain masalah/cobaan yang dihadapinya.

Lain ladang lain belalang.Lain orang lain sikap dan perangainya.Demikian juga sikapnya saat menghadapi cobaan.
1. Marah
     Saat ditimpa masalah ada yang menghadapinya dengan sikap seperti ini,marah.Merasa seakan Allah tidak adil kepadanya,tidak menyayangi dan tidak mempedulikan.
2. Sabar
     Menerima dan menghadapi cobaan dengan lapang dada,sabar,dan menyadari bahwa manusia adalah hamba,mahkluk lemah yang senantiasa tak luput dari ujian dan cobaan.
3. Ridho
     Ada juga sikap orang yang menghadapi cobaan dengan rela,menerima dan menganggap semua itu adalah sesuatu yang wajar dan sudah sepatutnya.Urip mung sak dermo nglakoni.Hidup hanya tinggal menjalani apa yang Tuhan kehendaki.
4. Syukur
     Meskipun dengan cara yang tidak disukai,merasa bersyukur bahwa dengan segala cobaan dan masalah itulah Allah menunjukkan kasih sayangnya.Mungkin dengan cara seperti itu Allah memberi teguran dan menuntun kembali ke jalan yang benar dan lurus.

Di balik setiap cobaan dan masalah yang kita alami pasti ada hikmahnya.Allah pasti selalu memberikan yang terbaik. Apa yang kita anggap baik belum tentu benar,dan apa yang kita anggap benar juga belum tentu baik.Maka,ketika cobaan, masalah, atau apa pun segala sesuatu yang tidak mengenakkan menimpa dalam hidup dan kehidupan kita,hendaknya kita mampu menghadapi dan menyikapi dengan tepat : berprasangka baik,ridho,bersabar,dan bersyukur…….
Nabi mengajarkan kepada kita untuk berdo’a yang artinya  “Ya Allah , jadikanlah kami sebagai hamba-Mu yang pandai bersyukur,pandai bersabar,dan jadikanlah aku kecil dimataku sendiri tetapi besar di mata orang lain.”

Iklan

4 responses

  1. Saat kita menhadapi cobaan dihadapi dengan sabar dan ikhlas serta banyak berdoa biasanya pertolongan dari Allah datang.Dengan kesabaran dan keikhlasan maka kita akan kuat dan semakin tangguh….

    Suka

  2. semoga kita bisa bersikap lebih tepat lagi ke depannya….

    Suka

  3. aamiiiiiin……….

    Suka

  4. adem rasanya hati ini membacanya
    alhamdulillah…
    semoga diri ini dapat melangkah yang lebih baik lagi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: