Kawasan Wisata Bukit Kelam

image

Jika suatu saat Anda berkunjung ke Kalimantan Barat, rugi rasanya bila tidak mengunjungi objek wisata Bukit Kelam.Kenapa…?

Bukit Kelam merupakan satu diantara bukit terunik di dunia. Keunikannya adalah Bukit ini merupakan sebuah Bukit yang murni terdiri dari segumpal batu raksasa. Bukit dengan jenis seperti ini hanya terdapat 2 (dua) buah di dunia yaitu Ayers Rock yang terdapat di Australia dan Bukit Kelam di Indonesia. Kedua Bukit ini memiliki keistimewaan yang sama, yaitu warnanya yang dapat berubah-ubah sesuai dengan perubahan cuaca.

image

Selain menyajikan panorama yang indah, kawasan wisata Bukit Kelam juga menyajikan aneka flora dan fauna tropis yang khas. Anda bisa menyaksikan keindahan anggrek hitam yang sedang mekar bila mencapai puncak. Juga tersedia lapangan tenis untuk wisatawan yang gemar berolahraga satu ini. Sebagai salah satu batu yang diklaim sebagai batu terbesar di dunia , Bukit Kelam menawarkan pemandangan khas tropis yang eksotis. Dari puncaknya kita bisa menyaksikan Sungai Kapuas dan Sungai Melawi yang membelah kota Sintang, lenggak – lenggok aliran kedua sungai tersebut seperti ular raksasa.
Di kawasan wisata ini kita bisa menjumpai Kantong Semar raksasa yang oleh penduduk setempat dijadikan alat menanak nasi.
Bagi Anda yang gemar dengan petualangan, tersedia tebing yang sangat terjal dan menantang untuk didaki.

image

Bukit Kelam

Bukit setinggi ±990 m ini terletak di kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang. Dibutuhkan sekitar 30 menit dari kota Sintang untuk sampai ke sana. Udaranya sejuk dan segar. Bagi yang ingin menginap dan berkemah di sana sudah tersedia camping ground yang cukup luas.
Jika Anda ingin mendaki ke puncak, juga tersedia tangga besi yang letaknya agak menyeramkan karena sangat terjal, perlu keberanian lebih dan fisik yang kuat. Kalau tidak lebih baik jangan dicoba, takutnya kecapekan di tengah jalan.

Sedikit petunjuk jalan menuju Kawasan Wisata Bukit Kelam, Anda bisa mulai dari kota Pontianak menuju Sintang .perlu waktu sekitar 7 – 8 jam, bisa juga lebih dan bisa kurang, tergantung lewat jalan mana dan kondisi jalan yang dilalui. Di samping tergantung juga kendaraan apa yang digunakan.
Sesampai di Sintang, Anda bisa istirahat dulu, bersantai di ‘pantai’ Sungai Kapuas sambil menikmati aneka kuliner yang ditawarkan para pedagang di sana.

Tertarik mengunjungi Kawasan Wisata Bukit Kelam yang eksotis…??
Saya tunggu.

Iklan

12 responses

  1. Salam kenal bang Zainal.. Aku orang Sintang gak… informasi menarik untuk kawan-kawan seluruh indonesia yang belum banyak mengetahui tentang Cagar alam bukit kelam ini.. terimakasih udah share tentang bukit kelam 🙂

    Suka

  2. Hallo Kang, ntra malam di blogku ada interview membahas ttg best friend, akan menyenangkan kl kamu bisa hadir 😛

    Suka

  3. wah .. jd bisa ke sana naik sepeda ya Kang 🙂

    ya , negeri kita memang kaya Kang 🙂

    Suka

  4. baru tau tentang Bukit Kelam ini… unik yaaa…
    maksudnya warnanya yang dapat berubah-ubah sesuai dengan perubahan cuaca itu gmn? warnanya apa aja? *pertanyaan gak penting 😀

    Suka

    1. kalau cuaca lagi cerah warnanya biru terang,,kalau lagi sedikit mendung/berawan biasanya agak kecoklatan atau kelam..

      Suka

  5. Sayang sekali…foto-nya cuma satu itu aja ya, Pak Zainal? Hmm, penasaran banget saya mau lihat yang dikatakan Pak Zainal dalam tulisannya, karena saya suka sekali dengan alam…mau kesana kan jauh, Pak…hehehe.
    Salam petualangan pak Zainal…

    Suka

    1. Salam kembali…
      Insya Allah nanti saya tambah fotonya… fotonya via kamera hp jadi gak maksimal..

      Suka

  6. Terbayang andai bis asampai puncaknya ya Kang, pemandangan dr atas sana pasti indah sekali
    memang brp jauh rumahmu dr bukit kelam ini Kang ? 😛

    Suka

    1. dari rumahku sekitar 1 jam pake sepeda motor,mbak…
      biasanya saat libur hari raya rame buanget…

      Suka

      1. wow .. cum asatu jam .. nggak jauh ya, andia aku tinggal di sana kali bisa juga ke sana naik sepeda ? kira kira brp km ya ? aku pernah sekali nyepeda PP 40 km

        Suka

      2. Kurang lebih sekitar 40 km ,mbak… kalau dari kota sintang sekitar 20 km,,dari rumahku terkendala kondisi jalan yang nggak bagus..tahu sendirilah jalan di negeri ‘yang kaya raya ” ini..

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: