5 Efek Negatif Menulis di Blog

Saya tahu sudah banyak tulisan yang bertemakan tentang efek menulis di blog. Jika biasanya yang dibahas barangkali tentang dampak atau efek positif dari aktifitas ngeblog, kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang efek negatif dari menulis blog.
Perlu saya sampaikan juga bahwa efek negatif dari ngeblog berikut ini bukanlah hasil dari penelitian ataupun hasil survey lembaga tertentu dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan partai politik, tokoh politik, dan golongan tertentu..( hallaaaaagh….!). Saya hanya menyampaikan apa yang dirasakan sejak ngeblog selama ini.
Siapa tahu efek negatif dari ngeblog yang saya rasakan ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin ikut – ikutan ngeblog, apakah akan tetap lanjut untuk ngeblog atau memutuskan untuk mundur.

4 efek negatif dari ngeblog yang saya atau Anda akan rasakan adalah :

  • 1. Ketagihan. Ya, ketagihan. Di awal – awal mengenal dunia blogging mungkin belum begitu terasa. Tetapi setelah beberapa tulisan mendapat banyak tanggapan dan komentar, blog yang dikelola mulai didatangi pengunjung, dan berteman dengan banyak blogger lain, saling berkunjung dan sebagainya, rasanya seperti diberi ramuan khusus yang membuat ketagihan dan sayang jika meninggalkan dunia blogging.
  • 2. Menyenangkan,sebab dalam blogging bisa bertemu sekian banyak orang dengan masing – masing kepribadian yang unik. Ada keakraban tersendiri, meski hanya mengenal mereka di dunia maya tetapi sepertinya sudah mengenal sejak kecil. (Alaaahh…lebay nggak ya…?? heehee….!)
  • 3. Tiada hari tanpa menulis. Apa yang didengar, dirasa, dan disaksikan inginnya ditulis menjadi satu artikel yang bisa menarik pengunjung untuk datang kembali. Jujur saja semua tulisan di blog Kandang Bubrah memang belum bisa dikatakan menarik. Masih harus banyak belajar dan butuh waktu.
    Saya kira setiap blogger pasti menginginkan untuk bisa memposting tulisannya setiap hari. Namun tidak semua bisa keinginan bisa tercapai, masing – masing bloger punya kesibukan dan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Memang tidak sedikit blogger yang bisa punya penghasilan – bahkan boleh dibilang suses dari aktifitas blogging dan tidak tertutup kemungkinan suatu saat saya juga ingin seperti mereka.
  • 4. Pikiran dipenuhi dengan artikel. Yang ini masih ada kaitannya dengan poin ketiga. Karena setiap hari inginnya menulis, tanpa disadari ternyata pikiran selalu dipenuhi tentang artikel berikutnya yang ingin ditulis. Biasanya kalau sudah demikian akan berakibat pada efek negatif selanjutnya yakni
  • 5. Bingung dan panik. Saking terobsesinya untuk bisa posting setiap hari, pada akhirnya akan membuat panik dan bingung. Apa ya kira – kira postingan yang mungkin menarik untuk dibaca dan syukur bermanfaat bagi pembacanya. Tips dari Dunia Ely yang ini bisa jadi pilihan ketika menghadapi situasi seperti ini.

Mungkin itu saja beberapa efek negatif dari menulis di blog yang bisa saya sampaikan. Sekali lagi, efek negatif tersebut bukan berdasarkan hasil survey, hanya pengalaman yang saya rasakan sendiri. Bagaimana dengan blogger lain, entahlah.

Semoga ada manfaat dan bisa diambil hikmahnya.

Saatnya untuk menghilang..!! Cliing.!

Iklan

20 responses

  1. Terimakasih informasinya…
    Dan semoga kita tidak terus menerus melakukan hal negatif Blogger

    Suka

  2. Tapi menurutku yang ada di poin negatif di atas, adalah termasuk point positif
    Caradailku
    Mursidisinitapi
    Hehehe

    Suka

  3. […] masih menikmati setiap fase yang dilalui dalam belajar menulis blog, dengan segala hambatan dan efek negatifnya. (Subjektif […]

    Suka

  4. itumah dampak positif toh banggg .. kwkwkw

    Suka

    1. begitu ya…?? namun sy lebih suka menyebutnya sbg efek negatif, kalau yng positif sudah sering dtulis, sesekali menulis dampak negatifnya, ..meski isinya menurut ente positif, menurt saya tetap negatif..

      Suka

  5. mantep gan…
    jangan lupa mampir πŸ™‚

    Suka

    1. trimakasih telah mengunjungi kandangbubrah.

      Suka

    2. gak juga, ..saya msih baru belajar mengenal dunia tulis menulis lewat blog… masih jaauh dr sebuah karya tulis yg baik.

      Suka

  6. hahaha bisa aja neh. Tapi bener juga, walopun aku masih baru bgt, dah kerasa tuh kelima efek itu.

    Suka

    1. saya juga masih baru mengenal blog,,

      Suka

  7. apa kabar ? πŸ˜›

    Suka

  8. yuuup, emang bikin ketagihan…

    Suka

    1. ke – tagih – utang..?? hehe

      Suka

  9. piye kabare kang ? πŸ˜›

    Suka

    1. alhamdulillah kabare sae mbak.

      Suka

  10. Setuju banget dengan pengalamannya selama ngeblog πŸ™‚ , begitu dapat ide menarik untuk dibuat postingan rasanya nggak sabar ketemu koneksi internet :mrgreen:

    Suka

    1. iya, akang. saya sering kehilangan dua duanya, ide dan sinyal, waktu offline bwgtu banyak ide di pikiran, ee begitu mulai menulis udah buyar,,yg lebih sedih udah capek2 nulis pas mau publish sinyal gak bersahabat….

      Suka

  11. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Zainal…

    Maka kalau mengikut apa yang mas Zainal senaraikan di atas, saya termasuk yang mendapat efek negatif menulis cuma tidak setiap hari. Selalunya berjarak 5 atau 7 hari ketimbang dengan waktu sibuk. kalau tidak sibuk makanya dalam 3 atau 4 hari. Menulis bagi saya sangat asyik dan itulah efek negatifnya. πŸ˜€

    Jangan hilang terus mas. Muncul lagi untuk menulis efek negatif yang lain, biar nanti sama seperti blognya mbak Ely. πŸ˜‰

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. πŸ˜€

    Suka

    1. mencari inspirasi,kak siti.

      Suka

  12. judlny memang efe negatf ya kang, tapi isisnya banyakan positif ya ? P
    makasih banyak linknya ya kang πŸ˜›

    emang mau menghilang ke mana nih ?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: