Biar Semangat Hidup Bangkit Kembali

Saya kagum dengan beberapa orang yang saya jumpai dan begitu bersemangat dalam bekerja dan menjalani hidupnya. Sepertinya mereka tidak pernah merasa putus asa, hatinya selalu segar dengan semangat yang berkobar – kobar, penuh cita – cita dan siap bekerja keras dalam usahanya untuk meraih cita – citanya tersebut. Entah bagaimana mereka bisa begitu bersemangat dalam menjalani hidup padahal kalau ditinjau lebih jauh dan lebih dalam, mereka juga memikul beban hidup yang tidak ringan. Saya bandingkan dengan diri sendiri yang sering loyo, putus asa dan kurang semangat,saya merasa tidak ada artinya, tidak berguna dan semakin kerdil saja.

Saya juga menginginkan memiliki jiwa yang hidup, kuat dan teguh, Hati yang segar dengan semangat yang berkobar – kobar, Dan ingin mengubah jiwa yang pernah putus asa menjadi jiwa selalu merindukan tercapainya cita – cita. Selalu bekerja keras dalam usaha mencapai semua cita – cita yang diidamkan. Jauh dari bermalas – malasan, pesimistis, dan senantiasa percaya diri bahwa  ketika ada masalah pasti ada hikmah dan jalan keluarnya.

Beberapa kali saya terlibat obrolan dengan teman yang hidupnya sudah jauh lebih baik dari saya. Secara ekonomi juga sudah bisa dibilang mapan, semangatnya dalam melakukan pekerjaan juga patut diacungi jempol. Secara pribadi saya anggap hidup mereka sudah sukses, walaupun ukuran sukses itu sebenarnya relatif. Saya menganggapnya sukses belum tentu yang bersangkutan merasa telah sukses. Barangkali penilaian ukuran sukses tidaknya seseorang menurut saya ini keliru, sebab saya menganggap seseorang dikatakan sukses apabila apa yang dia inginkan dapat tercapai.

Saya sering menanyakan bagaimana agar semangat hidup bangkit kembali dan berusaha menjadi lebih baik…?  Beberapa teman yang saya anggap memiliki semangat tinggi dalam hidup itu rata – rata memberikan jawaban yang hampir sama , yaitu : lakoni wae..! ( Jalani saja..!) . Manusia hanya tinggal menjalani apa yang sudah digariskan dan tertulis pada lembaran – lembaran takdir. Kita hanya bisa berusaha ,berikhtiar dan berdoa untuk mengubah nasib sebab Tuhan tidak akan
merubah keadaan seseorang jika orang tersebut tidak berusaha untuk mengubah nasibnya sendiri.

Tentu saja dalam usaha untuk merubah nasib itu perlu bekerja , yang juga sama – sama perlu dan butuh semangat kerja keras. Mungkin ada selain saya yang ingin bertanya , bagaimana supaya memiliki semangat dalam bekerja…??
Jawabannya ternyata sederhana dan sepele saja : Just do it..! Lakukan saja sekarang dan jangan menunggu datangnya semangat baru  mulai bekerja.
Seringkali saya tidak berusaha memahami bahwa semangat akan datang dan semakin besar bersamaan dengan saat melakukan pekerjaan tersebut. Semangat bekerja sering muncul bukan sebelum memulai pekerjaan itu, tapi bersamaan saat pekerjaan itu sudah dilakukan.
Memang kalau terus menunggu datangnya semangat, entah kapan pekerjaan akan dilakukan, sebab sulit membangkitkan semangat sementara pikiran sudah terlanjur dijejali dengan berbagai hal negatif sebelum melakukan pekerjaan. Rahasianya memang harus : Just do it !

Rasanya norak sekali kalau saya berbicara seolah saya adalah seorang motivator handal, saya tidak bermaksud mengajari atau mengajak siapapun kecuali diri saya sendiri. Saya sedang butuh motivasi diri agar lebih semangat lagi, biar semangat hidup saya bangkit kembali. Lebih tepatnya biar semangat hidupnya muncul dan terbangun dari tidur. Saya menyadari betapa selama ini sering berada dalam ketiadaan semangat, selalu takut dengan bayang – bayang kegagalan padahal belum mencoba berbuat sama sekali. Sudah saatnya untuk memulai hidup dengan semangat baru dan berusaha menjadi lebih baik. Kalau tidak sekarang kapan lagi. Lebih baik melangkah setapak demi setapak meski terseok dan tertatih daripada langkah tegap tapi jalan ditempat. Saya harus segera berbenah dan apa yang ingin saya kerjakan harus : just do it..!

Iklan

8 responses

  1. Semangat juga ada hubungannya dng kadar adrenalin tubuh kita, Pak. Sering2 saja melakukan kegiatan yg memicu hormon ini sprt olahraga. Insya Allah semangat nya akan hidup pelan2. Just my two cents, Pak. Maaf tak bermaksud menggurui

    Suka

    1. Trimakasih untk masuknya.

      Suka

      1. betul apa kata mba evi, kalau sehat kita akan awet semangatnya mas..

        salam kenal mas 🙂

        Suka

      2. salam kenal juga..mbak Tina..
        dalam badan yg sehat terdapat semangat yg kuat gitu ya, mbak..?!

        Suka

    2. saya nggak keberatan kok kalau punya guru seperti Bu Evi…hehe.
      terima kasih utk masukannya yg baik ini, macul itu termasuk olahraga apa bukan ya, Bu..?

      Suka

  2. selamat hari raya idhul adha, bangun semangat dihari raya ini 🙂

    Suka

    1. selamt hariraya idhul adha juga semoga semangt berkorban nabi ibrahim dan nabi ismail tertular pd kita,bukn hanya semangt berkorban saja tp semangt juga untuk meraih cita2.

      Suka

      1. Puspa La Dhera

        Aminnn… 🙂

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: