Menulis Halaman About me Yang Baik dan Benar

Ketika mengunjungi sebuah blog biasanya kita akan menjumpai halaman About, About this blog, About me, Tentang, Author, dan sebagainya.
Halaman About me tersebut ditampilkan di blog pasti ada tujuannya. Paling tidak sebagai perkenalan diri pemilik blog atau untuk menjalin kedekatan dengan pengunjung blog.

Biasanya kalau merasa penasaran ingin mengetahui lebih lanjut siapa pemilik blognya, kita akan membuka halaman ‘ about me ‘ dan membacanya.
Saya termasuk orang yang mudah penasaran untuk melihat halaman “about me” blog – blog yang saya kunjungi. Selain ingin mengetahui siapa pemilik blognya juga untuk mencari teman blogger baru.

Sayangnya rasa penasaran tersebut sering tidak terjawab karena tidak sedikit blogger yang “misterius”. Menampilkan halaman About me di blog tetapi begitu dibuka..makplenthusss..! isinya tidak menjawab keingintahuan pengunjung tentang siapa pemilik blog yang bersangkutan. Apa nggak mengecewakan pengunjung blog yang sudah menyempatkan waktu membuka halaman about me terebut…??
Terus terang saya sering mengalami hal seperti ini.

Memang, mengenai isi halaman about me tergantung pribadi masing – masing sahabat blogger, tetapi paling tidak perlu mempertimbangkan untuk mencantumkan beberapa hal berikut ini :

1. Nama Lengkap/nama panggilan

    Tidak sedikit blogger yang enggan menuliskan nama lengkapnya/nama panggilan di halaman about me. Ada juga yang memilih nama samaran yang menurut saya agak aneh sebagai nama sebutannya/nickname, sehingga ketika ingin menyebutnya dalam komentar agak “gimana gitu..”
    Sayang sekali, padahal nama asli/nama lengkap pemberian kedua orang tua tentu tidak sembarangan diberikan oleh mereka. Ada pengharapan dan doa dari kedua orang tua yang melekat didalamnya. Orang Jawa bilang “asmo kinaryo jopo”. Nama adalah do’a.

    Sepatutnya kita selalu merasa bangga untuk menyebut nama kita, apalagi nama itu pemberian dari orang yang selalu menyayangi dan mengasihi kita, yakni kedua orang tua.

    2. Foto

    Buat sahabat blogger yang enggak mau atau takut ketahuan dirinya cantik/ganteng sebaiknya tidak usah mencantumkan foto di halaman About me…(heheee…!) Banyak juga,lho, blogger yang memilih “ngumpet” dan tidak menampilkan foto dirinya.

    3. Tujuan ngeblog, setidaknya menceritakan sedikit tentang alasan kenapa membuat blog. Tiap blogger pasti punya alasan berbeda kenapa dia ngeblog. Atau apa yang ingin dibagikan melalui tulisan – tulisan di blognya.?

    4. Perkenalkan diri, paling tidak pengunjung bisa tahu tentang pengalaman atau pekerjaan yang sedang digeluti. Nggak ada salahnya juga, kan, berbagi sedikit informasi ringan tentang diri kita kepada pembaca.

    5. Kontak
    Sepertinya perlu juga dipertimbangkan cara bagaimana pengunjung/pembaca bisa menjalin komunikasi dengan sahabat. Tujuannya untuk keterbukaan/tranparansi dan memberi kesan bersahabat bagi pembaca. Apalagi jika tujuan ngeblog ,selain menulis, juga untuk menjalin pertemanan, berbisnis dan sebagainya.

    Tulisan di atas tidak saya maksudkan sebagai panduan tentang bagaimana menulis halaman about me yang baik dan benar di blog. Hanya pendapat pribadi saja. Menurut sobat sendiri bagaimana..? Apa saja poin yang boleh dicantumkan dan tidak boleh dicantumkan ketika menulis halaman about me di blog..?
    bagaimana sebaiknya menulis halaman About me yang benar di blog..?

    Otre, saya tunggu komentarnya ya…?
    terima kasih.

    24 Desember 2013

    Iklan

    19 responses

    1. menu about saya juga pasti mantap. *yakin kepedean*

      Suka

    2. nek blogku piye kang mnrtmu ?

      Suka

      1. cukup satu kata : mantapbs..!

        Suka

        1. embuh ding…! hehehe…

          Suka

    3. dari menu about kita juga bisa tahu sisi lain si pemilik blog, selain yg kita tahu dari postingan2nya. isinya sebaiknya ya semacam sekilas perkenalan tentang dirinya

      Suka

      1. setuju dan sependapat, Mas. Menu about – nya Mas Hendro termasuk oke juga. Saya suka.

        menu about di blog saya perlu diedit lagi nih,mas. udah beberap kali sih saya rubah,tapi rasanya masih belum sreg aja, nggak Zainal banget gitu lohhh..hihihi..

        menurut Mas Hendro apa aja yang nggak boleh dicantumkan di menu About.?

        Suka

        1. yang jelas nggak boleh nitip pasang iklan. nanti bisa disemprit wp :-).

          Suka

        2. iya mas ..baiknya nitip anak anak aja kali ya, mAs..?? hahaha..

          Suka

    4. Kalau di blog saya, halama ‘about me’-nya saya kasih judul ‘Siapa Yudi?’, isinya beberapa foto dan kontak media sosial+email… 😀

      Suka

      1. wah..mantap tuh kalau ada kontak media sosialnya, selain lewat komentar di blog juga bisa komunikasi dngn pengunjung lewat sosmed.. saya juga berniat mengedit kembali halama about me di blog saya..

        Suka

    5. Tapi rasanya jd hak empunya blog deh kang, untk mau nampilin apa diblog nya, asal gak kelewatan aja gak papa tho?

      Suka

      1. ya ya…semua kembali kepada si empunya blog. halaman about yg saya maksud di sini adalh supaya ada transparansi antara pemilik blog dan pengunjung… khusus buat Asmie saya maklum kok, soalnya yg punya blog kan dari bangsa dhemit..hahahaaaa

        Suka

      1. monggo, mas. kopi sama cemilannya silahkan bawa sendiri ya..hahaha..n

        Suka

    6. Setuju banget soal kasihfoto. Jadi kan enak ya mas pas komen-komenan. Hehehe

      Suka

      1. paling nggak bisa menghindari salah penyebutan panggilan, nggak lucu kan kalau fotomu “perempuan” terus kita panggil mas, atau sebaliknya..hahhaa

        Suka

    7. wah, saya jadi kesindir nih mas…
      tapi memang bener, saya juga sering membaca bahkan kadang njujug ke about me…bahkan kalau penasarannya sudah tingkat dewa saya mengobrak abrik artikel blognya dari awal sampe akhir…walau nggak dibaca semua sih, tapi paling enggak saya ngerti siapa beliau—

      salam

      Suka

      1. asyeek ada yang kesindir…emang postingan ini tujuannya buat nyindir kok..hehehee…
        sekian lama berteman di dunia maya kadang belum lihat ‘penampakannya’ sekedar lewat photo.. bangsa dhemit, gendoruwo, setan, kuntilanak, dan sebangsanya aja katanya sering menampakkan diri…lha ini bangsa manusia kok banyak yg suka ngumpet di balik foto profil yg entah berantah…

        Suka

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: