Kasihan Sama Rokok

PERINGATAN : MEROKOK MEMBUNUHMU…

Wuiihh..lebih sadis dan lebih serem dari ‘tudingan’ e eh..peringatan sebelumnya yang cuma..
MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”

Jujur saja, daku gemes buanget dengan warning terbaru yang sering ditampilkan dalam iklan di tv untuk produk yang bernama rokok. Kenapa rokok selalu saja mendapatkan tudingan negatif, “diperlakukan” tidak adil dan diskrimantif..?Kenapa..eh ..kenapa..??

asap rokok mencemari udara karena tembakau mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan..??

eh, itu asap knalpot sepeda motor dan mobil, atau asap cerobong pabrik juga mencemari udara dan nggak kalah banyaknya menyumbangkan racun berbahaya bagi kesehatan. Sejauh ini belum pernah ada knalpot sepeda motor/mobil, atau cerobong pabrik yang di situ ada tulisan “ AWAS..! asap knalpot dapat menyebabkan batuk – batuk, bengek dan gangguan pernafasan lainnya..!

Belum lagi asap pabrik. Kayaknya belum pernah juga instansi swasta atau pihak pemerintah yang tekun berteriak tentang bahayanya, juga belum pernah ada cerobong pabrik diberi “peringatan” ..: ASAP PABRIK MEMBUNUHMU..!”

Apalagi ya..?? Hemmm…!!
Gula..! ya..ya..ya.. konsumsi gula. Sudah jelas banyak orang yang o’ek, mati gara – gara penyakit gula. Udah jutaan manusia. Tapi gulanya nggak di apa – apain, nggak dibilang membunuh.
#hwoooo..! Belum pernah melihat ada kemasan gula yang di situ tertulis peringatan : Jangan mengkonsumsi gula,bisa modyar lho….

Yang jadi masalah itu kalau berlebihan. Nasi, kalau dimakan secara berlebihan juga bisa membunuh. Kolak pisang bisa membunuh. Belum lagi polusi pabrik, bahkan CINTA (juga bisa) MEMBUNUH. Ada lagunya tuh..”cinta ini membunuhku….’

Peringatan ROKOK MEMBUNUHMU bukannya membuat orang semakin takut supaya tidak merokok, tetapi sebaliknya malah membuat rokok makin laris.
Kecenderungan sifat manusia itu kan mudah penasaran dan suka mencoba serta mempraktekkan hal-hal yang jelas jelas ia telah tahu akan merugikan atau tidak mengenakkan.
Contoh kecil dan sepele yang tidak mengenakkan tapi masih dilakukan dan bikin penasaran, udah tahu bahwa kuku jempol kaki yang cantengan itu bau e eh masih dicium juga, bau nggak ya..??

Dan lagi, kalau sudah terbukti rokok itu membunuh kenapa nggak ada pihak manapun yang dimintai pertanggungjawaban.? Sak ora – orane produsen rokoknya dihentikan..? Atau tembakau dikategorikan sebagai tanaman yang dilarang ? Atau ada undang undang barangsiapa yang memproduksi rokok, menjual rokok, memberi rokok kepada orang lain, menanam menjualbelikan mengedarkan  tembakau/rokok akan ditangkap dan dikenakan pidana karena secara (tidak) langsung terlibat usaha ‘pembunuhan’.?

Nggak adil,ah, kalau rokok dituding “MEROKOK MEMBUNUHMU”….tapi rokoknya nggak di apa – apain..
Ah, jadi kasihan sama rokok..!

Iklan

12 responses

  1. setuju mas, semakin dilarang manusia akan semakin penasaran dan akhirnya mencoba-coba dan keterusan.
    Bisnis rokok ini bukan bisnis sembarangan di Indonesia, banyak penghasilan negara tergantung darinya juga. Imbas jika ditutup bisnis ini pun luas. Mulai dari petani, buruh rokok, pajak reklame rokok, cukai rokok, ekspor rokok dan lainnya.

    Kalau di Singapura, teman pernah membawa sebungkus rokok dari sana yang bagi saya agak mengerikan dan membuat enggan orang merokok. Di kemasan, dipasang foto2 yang disebutkan sebagai bahaya rokok. Tapi di Indonesia mana pernah ada.

    Suka

    1. fitur ilahiyah yang tersematkan dalam diri manusia bahwa ia memiliki kecenderungan utk lebih pensaran justru pd hal2 yg dianggapnya ‘menantang’, sekalipun itu larangan Tuhan. sebenarnya cuma hanya menuruti keinginan hawa nafsu dan mencari kesenangan sesaat, dan pada saat yang sama ia juga sdah menyiapkan sederet alasan alasan pembenaran, muter2ke dan mlintir2 ayat dngan penafsiran sak penak udele dewe.

      lha iya, apa sudah terbukti secara nyata kalau rokok itu membunuh, menyebabkan seseorang dijelang kematian,
      saya jd ingin tahu kalau misalnya ada orang sdng merokok terus ketabrak mobil, kalau akhirnya dia modar saya yakin bukan karena rokoknya..
      apa gara2 rokok sebatang terus mati karenanya.??
      wehhh..lha teneh wong sejagad sudah modar semua.

      kok ya gampang banget memberi penghakiman…

      kalau nggak mau mati itu caranya gampang banget kok, syaratnya jangan hidup…

      hihikkk.

      Suka

      1. Hahahaha. Bener sih mas. Kalau modar ya jangan hidup.

        Suka

      2. hahaha….dan kunci sukses hidup itu sederhana sekali, tetaplah bernafas….

        Suka

  2. rokok ke dipateni terus nanging tetep urip maneh terus je kang, piye jal ? 😛

    Suka

    1. hahaa…yo gari ‘mateni’ sing nggo nyulet tho..? rokok ki jane ora bahaya nek ora disumed, nyatane yo rung tahu krungu kabar ono sing ngrokok dimamah ki..? hihihi..

      Suka

  3. Sebenarnya tdk akan didiskriminasi jikalau merokoknya ada etika. Misalnya merokok tdk ditmpt umum, mau merokok satu pabrik ya monggo. Begitu jg dgn alkohol, mau diminum satu pabrik ya gak papa, sal efeknya tdk merugikan yg lain. Klo pun asap yg berarpal dr kendaraan itu mslh lain pak. Tdk bisa dijdkan satu pembhsn dgn rokok. Tapi ya tetep semua itu blk lg ke kesdrn msg2 individu, bebas mah boleh2 saja asal bertanggung jwb.

    😉

    Suka

    1. sik sik yo…kalau sudah sampai ke soal etika daku dadi glagepan mau membalas apa..

      Suka

  4. Biarpun lebih serem, namun tetap laris manis rokoknya 😉

    Suka

    1. malah makin banyak rokok beredar di pasaran dngan jenis dan merk baru..
      jadi penasaran apa motif dibalik peringatan “rokok membunuhmu”..?

      Suka

  5. melasi yah disalahna
    pada bae setan be disalah2na bae padahal wonge sing nglewihi setan

    haha
    18juta kurs India

    tapi kalo 25 jta juga gilaaaa, nerarti NVL turun ke 20 aja
    byson ke 18, jadi lawan persa

    http://maskurmambang.com/2014/03/08/gregetnya-berburu-spyshot-eh-datang-sendiri/

    Suka

    1. iya koh.. mbokya aja ming rokok bae sing disalahna.ana rokoke nek ora nana geni ya ora kena disumed mboklah.. kudune pabrik rek jres ya salah ..terus pabrik kertas sing nggo bungkus..pabrik plastik..pabrik aluminium foil.. mestine ya melu kegawa salah..tpi nyatane ora..

      lah jane ya ming apen2 thok, nek pada gelem jujur rokok kuwe nguntungna kok. pira bea cukai mbako sing mlebu kas negara saben tahune..?? mesti trilyunan, kaya kuwe koh arep dilarang jare rokok membunuh,.?

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: