15 Tips Mengendalikan Marah

Marah merupakan salah satu bentuk ekspresi emosional yang dimiliki manusia. Siapa pun pasti pernah merasakan amarah. Kesalahpahaman,miskomunikasi, dan benturan kepentingan antar pribadi seringkali berujung pada situasi memanas yang berujung kemarahan. Banyak sebab yang mengakibatkan timbulnya ‘penyakit’ marah.

Marah itu tidak baik. Maka perlu banyak belajar bagaimana caranya untuk bisa mengendalikan marah. Kita dianjurkan untuk tidak lekas marah ketika menghadapi problema apa pun. Apalagi kalau marah itu dilakukan tanpa sebab. Maka, berikut ini adalah bagaimana tipsnya agar kita bisa mengendalikan marah.

1. Olah nafas.

Ketika marah,tariklah nafas dalam-dalam lewat hidung dan keluarkan perlahan-lahan lewat mulut. Latihlah pernafasan pelan-pelan dengan tarik ulur. Lakukan terus menerus hingga marah menjadi reda.

Namun perlu diperhatikan, jangan sekali-kali menarik nafas dalam-dalam kemudian mengeluarkannya lewat anus, terutama jika berada di depan orang lain yang sedang marah-marah, karena hal itu bisa mengakibatkan orang tersebut semakin bertambah marah.

2. Olah Pikir.

Pada dasarnya nalar pikiran manusia mampu mengontrol seluruh potensi emosionalnya. Amati dan kenalilah sebab-sebab yang mungkin mengakibatkan timbulnya kemarahan itu. Lihatlah apa yang bisa dilakukan untuk memecahkan kemarahan dan menangani situasi secara rasional. Atau alihkan pikiran kepada hal lain ketika berhadapan dengan pihak lain yang sedang marah. Mungkin beberapa tindakan dibawah ini bisa dicoba.
Pertama, pikirkan dan anggaplah bahwa Anda sedang berhadapan dengan makhluk yang paling kuat di alam semesta ini yang Anda tidak mungkin dapat menandinginya. Anggaplah saja sedang berhadapan dengan dewa atau raksasa yang kuat dan Anda hanyalah makhluk lemah, jadi tinggal diam saja penuh kepasrahan.

Kedua, imajinasikan pikiran bahwa Anda adalah makhluk yang terkuat di alam semesta ini dan seolah olah Anda meremehkan pihak lain. Anggap saja pihak lain sebagai kecoa, semut atau nyamuk yang tidak perlu menanggapinya dengan kemarahan pula.Biarkan dia melakukan apa saja, ini semacam sikap mengalah.
Bukankah tidak mungkin Anda mengayunkan kapak yang besar hanya untuk memukul seekor nyamuk yang menggigit leher Anda…??

13. Olah Rasa
Berusahalah untuk memahami dan berempati kepada orang lain. Ketika mendapati situasi memanas dan memungkinkan timbulnya rasa marah, segeralah alihkan perasaan ini menjadi perasaan lain. Misalnya, ketika terasa hendak marah, Anda bisa saja segera telanjang bulat dan berlari-lari keliling kompleks sambil tertawa riang. Dijamin rasa marah itu akan hilang digantikan rasa malu yang sensasional. hahahaa….!

15. Usahakan untuk tidak marah dan mencari – cari kekurangan dari 15 tips mengendalikan rasa marah yang telah dituliskan oleh Pak’e Ipul ini….

Selamat berjuang mengendalikan rasa marah.

Salam..

Iklan

2 responses

  1. […] eike sebutkan di atas. It’s not good.Ora apik. Kalau sering marah-marah sebaiknya you membaca 15 Tips Mengendalikan Marah versi Arya Kamandanu terlebih […]

    Suka

  2. 15 ? ndas mu 15.. huasemm. tapi kok yo bagus tenan yoh, tenkyui

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: