Tipe Ucapan Selamat Lebaran

Semakin majunya teknologi serta terbatasnya ruang gerak dan waktu manusia untuk berkunjung ke banyak orang bisa “digantikan” dengan saling bertukar pesan. Walaupun terpisahkan jarak dan waktu kita tetap bisa mengucapkan selamat idul fitri dan meminta maaf lewat SMS, facebook,twiter, email, chating atau media on line lainnya.
Saling berkirim ucapan lebaran dan permintaan maaf menjadi hal menyenangkan untuk dilakukan kepada teman,saudara, atau kepada keluarga yang berada jauh. Bukan hanya berupa tulisan, tapi bisa juga berupa gambar atau kartu ucapan selamat lebaran dan permintaan maaf yang menarik.

Ada beberapa tipe ucapan selamat lebaran dan permintaan maaf yang biasa dikirimkan lewat SMS, email, facebook, blog, atau chatting.

1.Tipe ucapan selamat lebaran yang puitis

Contohnya :

Terselip khilaf dalam candaku. Tergores luka dalam tawaku, terbelit pilu dalam tingkahku, tersinggung rasa dalam bicaraku.
Andai jemari tak bisa saling berjabat,jika raga tak sempat bersua. SMS dikirim pengganti diri, memohon maaf setulus hati..
-Selamat Idul Fitri-

2. Tipe ucapan selamat lebaran lucu
Contoh :

“Seindah dan sepanjang apapun ucapan selamat idul fitri yang kamu kirimkan,jawabanku tetap “Sama-sama”…

image

asal edit ....

“Menurut notifikasi di gagdetku, BBM (Bulan Berkah & Magfirah) telah berlalu, setelah sebulan puasa PREMIUM (Pre Makan & Minum), kini saatnya mendownload hati yang fitri, saling tag maaf, dan nge-remove-i sakit hati, memblokir kebencian…saatnya saling share kasih sayang dan maaf-maafan….”

3. Tipe ucapan selamat lebaran  Alay
(warning..! tidak disarankan untuk dikirimkan kepada Embah, Kakek, Nenek, Ortu, apalagi Atasan di kantor..
Contoh: “Ban9, SMS siapa ini ban9?? IsinYa k0q paKai “MaaF, SYan9!?”
Ban9, ToLon9 don9 maaFin aYe,ban9!
KaLo Ka9ak, HaTi ‘ni taK tenan9.
Ban9, MinaL aiDin waL faidZin ban9!”

3. Tipe ucapan lebaran dalam bahasa daerah
Contoh : (bahasa Jawa) ” Nadyan netra tansasmita, lathi tanwicara. Hamung aksara tinata minangka duta. Kanthi linambaran tulus lan andhap asoring manah, kulo ngaturaken sedaya kalepatan mugi sagedo kalebur ing dinten riyadi suci meniko. Wilujeng Idul Fitri …”

(Bahasa Sunda) : “Kedaling rasa nu pinuh ku bangbaluh hate,urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu
Minna Wa Minkum. Wilujeng Idul Fitri, sim kuring neda dihapunten
samudaya kalepatan. boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa
lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan..”

4. Tipe ucapan selamat lebaran berupa pantun / parik’an
Contoh : ” Bunga mawar semerbak mewangi,
Sebagai penghias di hari fitri,
SMS ini pengganti diri,
Ulurkan tangan silaturahmi..”

Selamat Idul Fitri..”

*Contoh parik’an (bahasa Jawa) :

“Ketumbar mrico kecap asin
Nyuwun ngapuro lahir bathin”

“Mangan kupat ning ngisor ondo
Godong nipah digawe atep
Sedoyo lepat nyuwun ngapuro
Ketemu meneh ning tahun ngarep…”

=========***=======

Akhir kata,saya beserta segenap crew Blog KandangBubrah (perasaan saya sendirian deh ding..) mengucapkan “Selamat berlebaran, mohon maaf lahir dan bathin.Taqobalallahu minna waminkum……”

8 responses

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas zainal….

    Apa khabar ? Didoakan sihat dan sukses hendaknya. lama sekali belum menulis cerita di sini. Mudahan kesibukan tidak menyita waktu utnuk berbagi untuk kebaikan bersama.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    Suka

  2. Saya biasanya membuat ucapan lebaran tidak puitis, bukan bahasa daerah, tapi bahasa biasa saja, hehe… 🙂 Biasanya hanya mohon maaf lahir batin yaa… taqabbbalalallahu minna wa minkum…

    Suka

  3. Min selamat lebarannya yang basa jawa mending pake krama alus ditunggu new postnya

    Suka

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Zainal….

    Saya senang menggunakan ayat-ayat yang sudah sedia ada dari ucapan selamat di internet dan kemudiannya diubah suai mengikut bahasa dan ucapan kita sendiri. Begitu juga dengan foto-foto yang boleh memberi inspirasi untuk diedit semula dan ditambah bentuk dekorasinya agar lebih menarik hati.

    Apapun, semuanya atas kreativiti dan inovasi yang dimiliki oleh setiap insan untuk melahir dan mencurahkan setiap yang ada di bathin untuk diketahui oleh mereka yang dikirim sebagai pengganti diri saat berjauhan.

    Salam Syawal yang mulia dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    Suka

  5. Tipe ucapan bahasa Jawa nya kok angel yo kang

    Ngaturaken Sugeng Riyadi, ngapuntene menawi wonten kelepatan 🙂

    Suka

    1. angel kepiye yo,Mbak..?? kuwi rakyo boso jowo kromo hinggil tho….

      kondur sami sami,mbak. saya juga minta maaf atas semua khilaf,salah kata dan sikap..

      Suka

  6. gambar ketupat atau mesjid yg paling laris, kemudian di edit kata2nya. aku juga pake itu sih hehehe..maaf lahir batin ya Mas 🙂

    Suka

    1. Iya, gambar masjid sama ketupat sudah terlalu banyak yg buat,lagipula sdh 2 hari lebaran ketupatnya sudah basi,bu..hehehe..
      Jadi sy milih gmbar lain..haaa

      Sama-sama, saya juga ngaturaken sedoyo kalepatan, nyuwun pangapunten lahir batin,Bu.

      Suka

Tinggalkan komentar